Terima Kasih, 2022: Jejak Literasi

Januari 12, 2023


Assalamualaikum, Teman-teman Emak Penulis! 

Wew, tahu-tahu sudah 12 hari kita meninggalkan tahun 2022. Dan sudah sebulan penuh saya (kembali) nggak ngisi blog, ahaha. 

Apa kabar, nih? Semoga sehat selalu. Semoga tahun 2022-nya berlimpah kebahagian. Dan semoga di tahun 2023 ini, telah menanti berjuta kebaikan dan kegembiraan untuk kita. Aamiin.

Nah, biasanya, jelang tahun baru atau di awal tahun, orang-orang pada suka bikin resolusi kan, ya. Kalau saya sih nggak. Saya lebih suka bikin semacam 'kaleidoskop' selama setahun: apa saja yang terjadi, apa yang disyukuri, dan hikmah apa yang bisa saya petik sepanjang tahun tersebut. 

Selain itu, sudah beberapa tahun terakhir saya membuat daftar apa saja yang saya lakukan terkait profesi saya, yaitu penulis buku anak. Saya nulis apa aja, berhasil terbit buku/nggak, ikut kelas/workshop apa, jadi narsum di mana, dll. Kemudian saya post di sosmed tercintah, Facebook dan Instagram. 😁

Buat apa, sih?

Mau pamer, ya?

Eaa, kamu nanyeeak? Ya iyalah, tentu saja buat pamer, Mak! Wkwk. 

Oke deh, ini dia alasan saya bikin segala list jejak langkah saya sepanjang tahun.


Alasan Saya Bikin Daftar Jejak Literasi

1. Personal branding

Sebagai penulis (yang insya Allah) profesional, saya tentu butuh dikenal khalayak. So, postingan tentang apa saja yang saya lakukan dan capai, tentu bisa nambah nilai plus bagi branding saya.

2. Pengingat

Saya suka banget saat Facebook memunculkan memori dari postingan lama. Nah, saat saya lihat kembali postingan list jejak kegiatan saya, rasanya bangga dan bersyukur telah melakukan hal-hal tersebut.

3. Apresiasi diri

Sebagai manusia dan emak yang kadang suka lupa untuk mencintai dan menghargai diri, membuat list jejak pencapaian tuh jadi semacam pukpuk diri sendiri. 

Kayak, "Hei, lihat, kamu tuh udah berhasil melangkah, lho, mencapai ini dan itu. Meskipun sedikit, tapi itu sudah hebat!" Gitu.

4. Memunculkan rasa syukur

Ini yang penting banget! Kadang, saya tuh suka merasa nggak produktif, nggak ngapa-ngapain, dan akibatnya jadi ilfil sendiri. 

Eh, begitu saya buat daftar hal-hal yang saya lakukan dalam setahun ... Masya Allah, ternyata saya nggak semager itu, lho! Ternyata Allah baik banget, mengizinkan saya melakukan ini-itu, dan saya lupa mensyukurinya. Huhuuu.


Jejak Literasi 2022

Tahun ini, memang nggak banyak buku saya terbit.  Nggak banyak royalti saya terima. Tapi, ada hal-hal baik lain yang menghampiri. Misalnya, salah satu yang terbesar, anak kedua lolos SBMPTN di Universitas Brawijaya Malang. Alhamdulillaah banget. 

Nah, di sela keriuhan hidup, ini dia jejak langkah saya di dunia literasi sepanjang 2022.


Rasanya nggak nulis, tapi setelah di-list, ternyata saya tetap nulis! 🤗


Yang dicapai selama 2022,

baik jadi juara dua, buku terbit, sampai berhasil rutin ngeblog, adalah prestasi! 


Bisa sempat belajar pun sebuah capaian & rezeki


Alhamdulillah, masih bisa berbagi ilmu 🥰


Demikianlah, Teman.

Kalau dibuat begini, terlihat kan, betapa saya harus banyak bersyukur. Allah beri baanyak hal untuk saya. Insya Allah, semoga tahun 2023 ini bisa tetap melangkahkan kaki dalam kebaikan. Aamiin.

Gimana, Teman-teman tertarik untuk bikin list begini juga? Yuk! 






You Might Also Like

14 komentar

  1. Mbaaa..keren sekali jejak literasinya.. Jadi malu sendiri saya dg jejak literasi saya yg hanya sebatas ngeblog.. hiks.. Sekali lagi selamat utk semua pencapaian nya yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak perlu malu, dong Mbaak. Setiap orang kan beda-beda proses dan skala prioritasnya. Alhamdulillah masih rutin ngeblog kaan. Semangaat. 💕

      Hapus
  2. Masyaallah makin berkibar aja nih penulis idolaku. Aku tu punya banyaak banget buku mbak Lia lho dr yg picbook sampe novel anak nih lg nyelengin mau belikan Keumala yg activity book. Ntar kalo pas dirimu ada stok kabari ya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah, makasih banyaak Mbak Munaaa. Salam sayang buat Keumala yaa. Aku masih punya stok buku aktivitas Busy Book nih, hehe.

      Hapus
  3. Memang sih. Membuat jejak literasi tuh akan memunculkan semua prestasi yang ada. Jadinya terkesan sombong.

    Tapi biarin sajalah. Toh kita nggak bermaksud begitu.

    Kita hanya ingin memberikan apresiasi diri. Plus memperbaiki hal yang kurang juga.

    Namanya pembelajaran sih. Semangat, kakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, naudzubillah, semoga nggak ada yg menganggap sombong. Karena di dunia penulis, sdh jamak membuat jejak literasi sbg self love + branding.

      Hapus
  4. Selalu suka lihat postingan Mbak Lia tentang buku anak-anak. Kalau dibikin list gini selama satu tahun apa saja yang dikerjakan ternyata bikin bahagia dan tertata rapi ya, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah, terima kasih, Mbak. Bener banget, jadi rapi dan terarsip dgn cantik. Kitanya juga jadi semangat dan bersyukur. 💕

      Hapus
  5. bermanfaat banget mba Lia, setelah baca jadi terpikir olehku kalau jejak literasi memang bermanfaat banget. Apalagi buatku yang sering merasa kurang hingga akhirnya down. Dari membuat jejak litersi jadi tahu ada banyak hal yang bisa membuat kita bersyukur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, Mbaak. Kita jadi sadar, ternyata kita sdh melakukan sesuatu meskipun sedikit. Yuk bikin yuuk. 🤗

      Hapus
  6. Wow wow keren banget pencapaian Mbak Lia, semoga makin menginspirasi dan produktif tahun ini yaa aku juga ingin mencatat jejak literasiku walaupun nggak banyak tahun ini malah nggak menerbitkan buku satu pun hiks semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangaaat Teh. Teh Dew mah banyak ngajar anak-anak, keren pisan. 💕

      Hapus
  7. Bener banget nulis jejak literasi itu bisa jadi personal branding. Aku pun suka nulis di media sosial ya untuk personal branding. Karena memang kerja kita hubungannya dengan media digital ya, dan itu jadi modal yang penting

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap, Mbak, bener banget. Karena kerjaan kita menuntut begitu, ya, jadi bukan buat pamer. Siapa tahu dari jejak yg dipublikasikan, kita dapat kerjaan kaan.

      Hapus