KOMEN KOK GITU, SIH?: CARA MEMODERASI KOMENTAR DI BLOG (BLOGGER)

Juni 17, 2020




Beberapa waktu belakangan, saya kaget dan risau. Campur keki juga, sih. Gimana nggak? Saya menerima email pemberitahuan, bahwa ada komen-komen bau eh baru di postingan blog saya. Dan komennya aneh, njilehi, nggilani, menyesatkan, dkk.

Coba, masa komen berupa iklan judi, obat ab**si, dan entah iklan apa lagi yang nggak nggenah begitu. Saya kan jadi naik pitam, ehehe. Tapi salah saya juga, sih. Jarang nengok blog, jarang diurus. Saya juga nggak mengaktifkan fitur moderasi komentar. Iyaa, salah saya. 

Baiklah, mulai detik ini, komen di blog saya moderasi. Biar saya bisa menyeleksi komen yang masuk. Jika ada komen aneh, auto tendang jauh-jauh!

Tapi, gimana, sih, cara memoderasi komentar itu?


BEGINI STEP BY STEP SETEL FITUR MODERASI DI BLOG (BLOGGER)

Nah, tadi saya browsing, hihi. Ketahuan gaptek, ya. Salah satu artikel yang saya baca, cukup bikin puyeng ngikutinnya. Maklum emak kudet. 

Terus, jadi kepikiran, deh, gimana kalau ada orang yang sama kudet dan gapteknya sama saya? *yaelah, tutorialnya bertebaran di gugel aja, kok :D

Mumpung saya masih ingat caranya dan kebetulan lagi ngadep laptop, saya tulis di sini, yaa. Siapa tahu ilmu receh ini ada manfaatnya buat seseorang di luar sana.

Cara menyetel fitur moderasi komentar di blog (blogger):

1.       Masuk ke DASHBOARD Blogger Anda.
2.       Pilih menu SETELAN (di kiri, paling bawah).  
3.       Pilih POSTINGAN, KOMENTAR, DAN BERBAGI
4.       Lihat di bagian KOMENTAR. Di bawah, ada fitur: MODERASI KOMENTAR. Pilih: SELALU.
5.       Masukkan alamat email yang akan digunakan untuk menyeleksi/memoderasi komentar.
6.       Klik SIMPAN SETELAN (ada di pojok kanan atas warna oranye).

Selesai!

Sekarang, setiap ada komentar masuk, otomatis akan ada email yang memberitahu Anda. Anda tinggal pilih, deh, komen tersebut mau ditampilkan di artikel, atau dibuang ke planet lain. :D

Selamat mencoba!







You Might Also Like

1 komentar