5 Mitos Seputar Blog: Bikin Pemula Malas Ngeblog

Juli 01, 2022

 Assalamualaikum, hai, hai.

Setelah sekian abad, akhirnya blog ini terisi lagi. Yeeii. Thanks to Gandjel Rel, komunitas blogger Semarang terhits, untuk 'paksaan' ikut lomba blognya. Yup, postingan kali ini dalam rangka memeriahkan lomba blog internal Gandjel Rel.

Tahu nggak, apa tema lomba blog kali ini? Jeng jeeng: males ngeblog! Sungguh menabok, ya. Hahaha. Betul-betul telak menjiwit saya yang blognya nyaris jamuran dan penuh sarang laba-laba. *tutup muka

Apakah teman-teman ada yang mengalami penyakit serupa? Tos dulu, dong.

Nah, kemarin tuh saya merenung. Menelusuri, kenapa sih, segitu susahnya buka blog lalu isi kontennya? Ternyata … saya menemukan (kemungkinan) jawabannya. Mau tahu?

Eh, tunggu.

Sebelumnya, izinkan saya mengisahkan awal mula punya blog, ya. Hehehe. Here we go.

 

‘Sejarah’ Lahirnya Blog Cerita Emak Penulis

Dulu, salah satu profesi di dunia nulis yang cukup menyilaukan bagi saya tuh, profesi blogger. Kayaknya seru jadi blogger. Banyak pengalaman, bisa liput sana sini, endorsan, dll. Jadi saya bikin blogspot. Yes, yang gratisan dulu. 

Tapi, kemudian, karena keterbatasan teknikal dan lain-lain, akhirnya niat bergeser. Cukuplah nulis blog sebagai media berbagi atau diary digital. Buat kenang-kenangan ke anak cucu gitu.

Apakah lalu diary digital itu terealisasi? Ternyata tidak, Bund. 😆

Sejalan saya belajar nulis, qadarullah, Allah menjadikan saya seorang penulis buku anak. Terhitung sejak 2010 atau 2011, hingga kini. Alhamdulillah sudah sekitar 95-an judul buku yang terbit di berbagai penerbit.

Aktivitas seorang penulis buku anak ternyata membuat saya nyaris melupakan blog. Hiks. Meskipun begitu, saya sempat mempercantik blog. Niatnya sih supaya jadi rajin ngeblog. Tapi faktanya? Ahaha. Bisa ditebak. *ambil kemoceng buat bebersih blog

Begitulah. Jadi meskipun usia blog saya sudah lumayan, keaktifan ngeblog boleh dikata di bawah kecepatan keong. Keinginan untuk up date blog ada, tapi usaha yang minim. Kenapa oh kenapa?

Nah, mari kita kembali ke hasil perenungan saya. Setelah saya pikir-pikir, ternyata alasan saya susah banget memulai nulis blog adalah ini: mitos-mitos seputar blog.

Hah? Masa nulis blog ada mitosnya?

Paling tidak, itulah yang saya rasakan. Sebagai blogger pemula (astaga, bahkan untuk menyebut diri ‘blogger’ pun rasanya malu, hihi), ada hal-hal yang bikin saya maju mundur untuk mulai ngeblog.

Apa saja mitos-mitos itu? Nah, mari kita bahas. Sekaligus saya kasih bantahan dari mitos itu, agar siapa pun yang baca postingan ini dan punya masalah yang sama, bisa langsung tercerahkan. Termasuk saya, hehehe.

 

5 Mitos Seputar Ngeblog yang Bikin Pemula Malas Ngeblog

     1.  Nulis blog harus di laptop. Males banget harus buka laptop!

Bantahan:

Nulis blog bisa via ponsel, lhoo. Sekarang hampir tiap orang sudah pakai ponsel pintar, kan. Nah, bisa tuh diinstal aplikasi Word atau WPS buat ngetik. Kalau sudah selesai, baru deh buka blog via browser. Pindahkan ketikan kita ke blog. Mau langsung ngetik di dashboard blognya juga bisa, kok. Disclaimer: ini saya pakai blogspot/Blogger.com, ya.

 

2.     2.  Ngeblog harus pakai foto cantik atau infografis keren. Ah, ribet!

Bantahan:

Kalau mau postingan blogmu cantik, ya memang sebaiknya menyertakan foto atau infografis, sih. Tapi itu kan bisa dibuat mudah. Untuk foto, kita bisa kok pakai foto dari situs-situs penyedia foto/gambar gratis. Aplikasi Canva juga bisa digunakan untuk bikin infografis cakep, plus menyediakan foto-foto keren gratis juga. So, nggak perlu ribet. Cuma kudu meluangkan waktu saja, sih.

 

3.     3.  Nulis blog tuh harus pintar SEO, paham keyword, dll dll. Ngeriii!

Bantahan:

Hmm, sebenarnya nulis blog tuh sama kayak menulis lainnya. Mantranya: nulis saja dulu! Lainnya bisa mengikuti. Learning by doing. Kalau mau blognya berkembang, jadi sumber mata pencaharian, mau nggak mau memang sebaiknya mempelajari hal tersebut. Tapi kalau buat have fun, saya rasa kita pakai mantra itu saja, ya: mulai saja dulu!

 

4.      4. Ngeblog harus punya niche khusus?

Bantahan:

Tergantung, sih. Blog niche atau topik khusus blog mungkin penting, bagi blogger yang ingin blognya jadi sumber cuan. Blog juga jadi terlihat lebih rapi dan nggak gado-gado. Misalnya, khusus membahas parenting, travelling, writing, dsb. Tapi nggak ada kok yang melarang, kalau kita mau menulis segala rupa di blog kita.

 

5.      5. Harus punya waktu khusus untuk ngeblog. Aku, kan, sibuk!

Bantahan:

Namanya juga sebuah kegiatan, ya pastinya makan waktu dan butuh tenaga (dan modal juga). Kita semua sama-sama punya waktu 24 jam sehari, dengan beragam aktivitas. Kalau ingin menambah satu lagi kegiatan, semisal ngeblog, ya kudu meluangkan waktu, dong. Bisa saat malam ketika anak-anak sudah tidur, pagi/siang sembari menunggu mesin cuci bekerja, atau sambil me time di tempat adem, semua boleh. Tempat khusus? Tergantung kebiasaan dan budget. Saya paling senang nulis sambil tengkurap di kasur.

 

Malas vs Skala Prioritas

Eh, eh, eh … ternyata, segala macam alasan berupa mitos itu, auto terbantah semua, ya. Hihihi. Jadi sebetulnya, nggak ada alasan untuk malas ngeblog. Semuanya tergantung kita pribadi. Seniat apa kita? Sebab kalau niat kuat, insya Allah akan ada bantahan untuk semua alasan. No excuce. Malas is malas.

Bagaimana dengan skala prioritas? Menurut saya, itu juga kembali ke kita. Kita yang tahu apa yang harus diutamakan. Nggak ada yang salah dengan itu, kok.

Saya, misalnya. Kegiatan utama saya menulis buku anak, menjadi mentor menulis, dan sekarang mencoba belajar branding di sosmed. Itu sudah cukup menyita waktu. Belum lagi kondisi HNP (saraf terjepit) saya, yang bikin badan saya mudah berasa remek, hehehe.

So, blog saat ini memang masih prioritas ke sekian. It’s OK, sih. Mungkin ke depannya, saya juga akan memakai blog untuk sarana branding dan berbagi. Siapa tahu. J

Jadi, bagaimana dengan kalian, Teman-teman?

Apa mitos di atas juga menjadi alasan kalian malas ngeblog? Atau ada alasan lain? Cerita, yuuk.

 

 




 

 

 

 

 

You Might Also Like

30 komentar

  1. Hehehe.. Bisa aja deh, mitosnya. Udah terbantahkan semua, ya. Jadi pinter2nya kita aja meluangkan waktu saat memang udah jatahnya ngeblog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, Mbak, karena alasan itu bakal selalu ada. Hehe.

      Hapus
  2. akhir2 ini saya malah lebih asyik ngeblog dengan HP mba..karena bisa sambil leyeh2..itu alasan utamanya! haha.. nulis langsung di dasbornya, masukin foto2 yg sdh diedit dg canva/lainnya yg jg tersimpan di HP, baru deh setelah siap publish pakai lappy/PC utk masukkan link2 dan rata kanan kiri.. begitulah cara ngeblog ku selama ini hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wiih, mantap Mbaak. Patut ditiru, nih. Makasih sdh berbagi ya.

      Hapus
  3. Aku nggak pernah menulis pake rumus SEO mba, nggak mudeng soale hihi. Kalo pas ada ide nulis ya nulis aja, perkara SEO atau yang lainnya, kuserhakan semua pada yang Kuasa

    BalasHapus
  4. Bener Bu Lia, aku sempet mikir kalo ngeblog harus buka laptop dulu, padahal pakai ipad aja sudah bisa nulis dimana mana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, Mbak Aga. Dan setelah bikin artikel ini, saya sudah nyobain bikin blogpost pakai ponsel. Ternyata seru dan praktis. 😁

      Hapus
  5. Mbak Lia mah ga ngeblog tapi buku2nya tiap tahun berpuluh2 sama aja atuh tetap produktif. Berkarya bisa dimana aja kan dalam bentuk apapun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillaah, Mbak Muna. Yang penting mah tetap nulis, yaa. ❤️

      Hapus
  6. Waah semua bantahannya sebenarnya akhirnya bikin kita mikir bahwa bener sih nulis di blog itu lagi2 prioritas ya Mbaa, kalau merasa tdk ada kebutuhan ke sana susah juga jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, Mbak Nia. Kembali ke prioritas (dan niat).

      Hapus
  7. Pertama kali bikin blog pakai komputer di sekolah waktu itu. Kalau mulai aktif ngeblog sekarang ini dan beberapa tahun yang lalu malah lewat hape karena lebih praktis aja sih, mbak. Walaupun memang lebih asik ngeblog dengan laptop.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, iya Mbak. Aku sdh nyobain bikin blogpost di hape, ternyata asyik juga (tapi pegel di tangan dan jari hehehe).

      Hapus
  8. Iya sih ya. Mitos-mitos itu bikin kita para pemula jadi nggak gerak-gerak. Jadi tambah males ngeblog deh. Hasilnya cuma buat blog terus nggak juga diisi konten. Miris banget. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh, Toss banget ini mah saya saya hihi. Semoga setelah ini makin rajin ngeblognya ya.

      Hapus
  9. Artikel yang menarik.
    Awal mula membuat blog ya saya pakai HP, posting juga lebih sering pake HP karena lebih praktis, foto-foto lebih banyak ada di HP juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul nih, Mbak Wahyu. Saya baru membuktikan betapa praktisnya ngeblog pake hape. Hehehe.

      Hapus
  10. Sebatas mitos tapi memang bisa bikin malas calon blogger ya, hehee.

    Tentang nulis harus di laptop itu beneran bikin malas. Aku udah lama ngedraft di hape. Lebih praktis aja, menyisipkan gambar juga lebih cepat karena foto dan edit pakai hape juga. Nanti urusan edit bisa di laptop kalo mau, sering nya sih tetep pakai hape aja sampai menayangkan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, iya Mbak Wati. Ternyata memang lebih praktis pakai hape, ya. Karena foto kan biasanya juga ada di hape. Aih, makin susah kasih alasan nih, hihi

      Hapus
  11. Jadi ga ada alasan buat males ngeblog ya mbak walaupun ga punya laptop seperti saya...hehehe. sgala rupa dikerjakan dari handphone.smoga handphonenya masih mau diajak kompromi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Saya juga ngajar dan mereview tulisan murid kelas nulis kebanyakan pake hape. Alhamdulillaah hapenya tahan banting Insya Allah. Semangaat.

      Hapus
  12. Klo untuk mitos no.1, diriku sendiri lebih fokus kalo nulis di laptop. Blm bisa klo di hape. Paling klo buat ngedit tulisan dikit2 masih oke, tp untuk bener2 nulis diriku blm bisa sih Layarnya terlalu Kevin gitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya juga sih, layar hape kurang memuaskan yaa. Tapi buat saya, kalau harus buka laptop, lebih bikin malas wkwk.

      Hapus
  13. Terlalu ribet untuk update blog, kudu ini dan itu... Kalau aku sih mengalami yang begini. Padahal ya udah deh kalau mau nulis, tinggal buka laptop atau hp, tulis yang mudah-mudah aja dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul ya Mbak Uniek. Makanya kusarikan itu mitos² perihal ngeblog dari pengalaman pribadi dan cerita kemalasan dari temen². Gitu deh jadinya.

      Hapus
  14. Aku yang sekarang kalau nulis kudu buka laptop lebih enak soalnya layarnya gede kalau pake HP kan kecil dan kelamaan
    Hehehe bantahan nih. Memang kok ya tergantung prioritas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung prioritas dan kenyamanan aja sih, Nyi. Kalau sdh butuh ngeblog maka buka laptop pun nggak akan malas ya kan.

      Hapus
  15. Mbak, kalau mau ngeblog pakai HP, enakan install Google Keep atau Notepad. Tampilannya lrbih nyaman daripada pakai aplikasi Word.

    BalasHapus
    Balasan
    1. WH, terima kasih infonya, Mbaak. Aku kok langsung ngetik di dashboard ya. Hihi.

      Hapus