Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari 2015

Berkah Menulis Dengan Sederhana

Agustus kemarin, saya dikejutkan oleh laporan penjualan buku-buku saya di sebuah penerbit. Sederet angka yang terbilang fantastis untuk saya, tertera di sana. Membuat mata sampai berkaca-kaca, saking terharunya. Alhamdulillaah, alhamdulillaah.Kenapa kaget, sih? Memang, buku saya jelek gitu, sampai nggak nyangka bisa dapat royalti gede? Aih, bukaan, dong. Buku-buku saya insya Allah bagus, kok -pede itu kudu, uhuk :DYang bikin saya terharu itu, ternyata buku-buku sederhana saya bisa diterima oleh masyarakat. Buktinya, dalam setengah tahun ini, total buku yang terjual lebih dari 14 ribu eksp. Sebagian dicetak ulang, dan masuk top 20 penjualan terlaris dari semua jenis buku di penerbit tersebut.Buku Sederhana?Yap, buku sederhana. Buku-buku saya kebanyakan picturebook untuk anak usia TK-SD. So, temanya sudah jelas sederhana. Pun bahasa dan gaya tulisannya. Nggak bandinganlah, dengan karya sastra yang ndakik-ndakik, hehehe.Buku sederhana, yang saya tulis dengan sederhana.Diawali dengan peng…

Dekap Erat Jilbabmu, Nak!

Lagi-lagi, tadi saya harus menyambangi ruang BK sekolah si sulung. Bukan karena dia bermasalah -- siapa dulu dong, bundanya :D -- tapi untuk memperjelas sebuah masalah.Begini ceritanya ...Teh Nisa, sulung saya yang tahun ini duduk di kelas 9 SMP, kembali ditunjuk mewakili sekolah dalam sebuah lomba. Kali ini, lomba tata cara upacara bendera, dan dia kebagian tugas sebagai anggota paduan suara. Setelah latihan sekitar seminggu, baru ketahuan bahwa kelak saat lomba, harus pakai seragam rok putih sebatas lutut. Khusus untuk jilbaber, dipadu kaus kaki panjang. Kontan saja sulung saya itu ngadu ke saya! "Masa aku disuruh pakai kayak gitu? Nggak maulah!" cerocosnya ngambek.FYI, Nisa memang telah berjilbab karena dia sudah baligh. Apalagi, TK-SD dilaluinya di sekolah Islam, yang notabene menjadikan hijab sebagai pakaian harian. Khusus ketika SMP, kami masukkan dia ke sekolah negeri, dengan beberapa pertimbangan:
1. Belum ada SMP Islam yang memadai saat itu
2. Agar bakat lainnya bis…

My Fisrt Book For Teens: Puber Stories ^^

Yeaay, puber! Or, whooops ... pubeerrr, bikin keder?Ah, masa remaja, abege, puber, memang sejuta rasa dan makna. Inilah saat di mana anak manusia akan mengalami perubahan pesat, fisik dan mental. Saking pesatnya, sampai bikin bingung! Senang karena merasa sudah gede, tapi galau juga karena nggak siap menghadapi kelakuan tubuh dan esmosi yang mendadak aneh.*jangan-jangan, yang bingung itu sebetulnya emak bapak, yak? Anaknya mah nyantai, hihihi.Puber, sayang untuk dilewatkan. Makanya, saya memutuskan untuk meng-oke-kan nulis tema ini. Awalnya sih, karena tertantang. Mau nyoba keluar dari zona 'nyaman dan aman'. Secara publik kan tahunya saya ini penulis buku anak yang cukup ... *eaaa, dilempar bakwan :pEtapi, ternyata ... susah juga! Belibet, bet. Kok?Ya iyalah. Some reasons are:
- isinya kumpulan cerpen remaja, jadi pasti melibatkan jauh lebih banyak kata dibanding buku anak :D
- harus mencakup hal-hal populer about puber
- harus ada tipnya
- kudu memikirkan aspek psikologis re…